Sabtu, 06 November 2010

Kaukah Temanku....???

Rasulullah bersabda:"Sesungguhnya perumpamaan teman yang baik dan buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Seorang penjual minyak wangi bisamemberimu atau kamu membeli darinya atau kamu mendapatkan wanginya. dan seorang pandai besi bisa membuat pakaianmu terbakar atau kamu mendapatkan bau yang tidak sedap:.


Syeikh Dr Ahmad Farid dalam kitabnya TazkiyatunNufus mengklasifikasikan seorang menjadi empat kelompok. diantaranya adala:
1. Seorang teman yang jika bergaul dengan mereka seperti menkonsumsi makanan yang bergizi. ia dibutuhkan siang dan malam mereka adalah para ulama , ahli ma`rifatullah, memahami perintah-Nya, mengerti tipu daya musuh-musuh-Nya dan memiliki ilmu tentang penyakit hati serta obat-obatnya. mereka adalah orang2 yang setia kpd -Nya, Rasul-Nya dan Kitab2-Nya bergaul dg mreka adlh keuntungan yg nyata.
2. seorang yang jika kita bergaulk dengan mereka sprti Mengkonsumsi obat, ia dibutuhkan tatkala akit saja. jika kita sehat maka kita tidak memerlukannya lagi. mereka adalah profesional dlm masalah muamalah bisnis dan yg semisal.
3. seorang teman yang jika mengkosumsi penyakit . ada yg ganas dan ada yang memakan  waktu yang lama untuk menyembuhkan. mereka adalah orang2 yg tidak membawa keuntungan dunia akhirat.mereka adalah orang yg berbicara tidak baik dan tidak pula bermanfaat dan jika ia bicara seperti sembilu yg mengiris hati terutama bg orang2 yg mendengarnya namun namun ia bangga dg ucapannya.
4.seorang teman yang jika bergaul dg mereka adalah kebinasaan. mereka ibarat racun. jika seseorang tidak sengaja memakannya itupun sudah sengaja memakan itupun sudah merupakan suatu kerugian. mereka adalah ahli bid`ah segala macam kesesatan dan penghalang jalannya Rasulullah SAW. Mereka menjadikan sunah sbg Bid`ah begitupun sebaliknya
saudaraku setanah air.....
yang dirahmati Allah SWT.......
Semoga Allah Ta`ala memberikan hidayah taufik dan hidayah dan kacamata Iman kpd kita sehingga bisa melihat mana yang baik dan yang buruk. Amin......
Wallahu`alam Bish Showab......


Sumber Tazkiyatun An Nafs
Created By: Dwiki Al-Akhyar
Ketum ADS Karya Andalas Palembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar