Jumat, 26 November 2010

Masih Pedulikah Kita??

Coba ingat-ingat, apakah selama ini kita sering kali lupa untuk bersikap ramah pada orang-orang di sekitar? Langsung mendelik galak kalau ada yang nggak sengaja menyenggol kita? Malas menyapa duluan, bahkan untuk sekedar tersenyum. Padahal bersikap ramah bisa menunjukkan penghargaan kita terhadap orang lain lho…

Kalau ngomongin soal be nice sama orang, banyak faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari situasi sampai karakter. Kehidupan remaja di kota basar dengan kota kecil, atau yang tinggal di pantai dengan kondisi yang laid-back banget, jelas beda. Pakar psikolog menyebut ini dengan ‘sindroma kota besar’.

Serba sibuk dengan urusannya sendiri dan seperti gak punya waktu, buat peduli terhadap orang lain. Bahkan jalan kaki aja kayak di buru waktu dan gak sempat merhatiin sekeliling. Gimana mau senyum? Repotnya, sindroma inipun menular. Di kota-kota besar, tanpa disadari setiap orang mengalami proses conditioning sampai akhirnya jadi gak murah senyum. Nah, kalau kita gak dapat balasan dari hal yang kita lakukan, lama-lama perilaku itupun akan hilang.

Kalau kita ramah pada orang lain tapi nggak ada yang membalas, lama-lama kita jadi malas buat bersikap ramah lagi kepada orang lain. Akhirnya muncul, deh pikiran, ‘kalau orang lain nggak ramah, kenapa aku harus ramah?’ dan akhirnya kita jadi ragu buat bersikap baik cuma karena orang lain nggak melakukan hal yang sama. Sedih, kan?

Barsikap baik pada semua orang itu penting. Tapi jangan lupa juga untuk tetep waspada dan bisa menempatkan diri sesuai situasi dan kondisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar